Penggunaan Teras Berita Pada Harian Umum Radar Banten : Analisis Deskripsi pada Headline Rubrik Radar Serang Edisi Januari 2013
Jenis: Skripsi
Author: Desi Iza Af'idati
ISBN: -
Edisi: -
Publisher: UIN Sunan Gunung Djati,
Fisik: 120 hlm. : ilus. ; 29 cm.
Subjek: Banten
Bahasa:
Penerbitan: UIN Sunan Gunung Djati, Bandung : 2013
CallNumber: BC 071.059823 DES p
Uraian Singkat: Berdasarkan hasil penelitian bahwa frekuensi kemunculan jenis teras berita dalam kurun waktu 2-31 Januari 2013, jenis teras berita (what lead) sebanyak 14 dengan persentase 48,27 %. Sedangkan teras berita siapa (who lead) hanya muncul dua kali dengan persentase 6,90%. teras berita dimana (where lead) dan teras berita kontras (contrast lead) masing-masing muncul satu kali dengan persentase masing-masing 3,45%. teras berita selain disebutkan diatas tidak muncul sekalipun dalam headline radar serang edisi 2-31 Januari 2013, sehingga angka frekuensi 0 dengan persentase 0%. Pertimbangan redaksi mengenai penggunaan teras berita terletak pada pertimbangan isu yang memiliki unsur kriteria umum nilai berita (news value). Tidak ada pertimbangan khusus mengenai jenis tertentu untuk digunakan sebagai lead, karena penggunaan jenis lead tidak mendapat perhatian khusus. Pertimbangan redaktur dalam hal ini hanya memperhatikan dari segi cover both side dan nilai berita yang terkandung pada berita disesuaikan dengan kebutuhan pembaca.